Pages

Wednesday, March 9, 2011

Hidup adalah pilihan boi!

Pernah mengamati perahu layar yang berlayar di laut? Mana yang lebih menentukan arah perahu layar tsb, arah angin atau arah layar? Tentu saja arah layar.

Buktinya, ada angin kencang bertiup dr arah selatan, tapi tetap saja perahu tersebut bisa bergerak ke arah Barat atau Timur. Bahkan, pelaut yang berpengalaman bisa berlayar ke arah yang bertentangan dengan arah angin itu. Pelaut tersebut memang tidak bisa mengubah arah angin, tapi dia bisa mengubah arah layarnya menuju tempat yang dikehendakinya.

Yang menentukan tercapai tidaknya tujuan hidup kita bukanlah arah angin, yaitu situasi dan kondisi yang terjadi di sekeliling kita. Yang menentukan adalah arah layar yaitu keputusan kita dalam situasi & kondisi tersebut.

Kadang kita dihadapkan situasi & kondisi yang bertentangan dengan tujuan kita. Masalah, pergumulan, tekanan hidup & situasi di sekeliling kita bisa menjauhkan kita dari tujuan yang ingin dicapai. Namun ingat, hidup adalah pilihan. Arah layar yang menentukan, bukan arah angin.

Kita tidak bisa menolak datangnya masalah. Meski demikian kita bisa mengubah arah layar. Kita bisa mengubah masalah menjadi berkat.

Ke mana arah angin tidak terlalu penting. Yang penting adalah bagaimana kita mengarahkan layar kita. 

Kita yang paling bisa menentukan kemana arah layar kehidupan kita boi!

No comments:

Post a Comment