Pages

Friday, September 30, 2011

Wahai Pemuda BERGERAKlah!

Pemuda adalah Generasi Emas Bangsa ini. Pemuda mempunyai kekuatan yang lebih secara fisik dan semangat bila dibanding dengan anak kecil atau orang-orang jompo, pemuda memiliki potensi yang luar biasa, bisa dikatakan seperti dinamit bila diledakan. Hasan Al Banna seorang tokoh pergerakan di Mesir pernah berkata, "Di setiap kebangkitan pemuda yang menjadi pilarnya, di setiap pemikiran pemuda menjadi pengibar panji-panjinya." Para pemuda memang sering menjadi pelopor perubahan. Pemuda juga merupakan salah satu pilar peradaban yang sangat penting. Islam pun mengakui posisi kaum muda yang sangat strategis. Usia muda, menurut al-Quran merupakan usia yang penuh kekuatan, usia yang terletak antara dua fase kelemahan.

Kaum muda diperlukan bagi perubahan sebagai kekuatan pendobrak kelemahan dan ketidakbenaran nilai menjadi dinamis berorientasi pada keluhuran budi yang hakiki atau akhlakul karimah melalui kekuatan tauhid. Tapi disisi lain, kaum muda tidak selalu identik dengan prestasi. Sebab bersamaan dengan potensi besar yang dimilikinya, pemuda juga cenderung tergesa-gesa, terlalu bersemangat, dan lebih mudah jatuh pada pola pikir instan. Biasanya hal tersebut melalui godaan dinamika kehidupan yang dianggap modern padahal bisa terjadi bagaikan jebakan sarang laba-laba.

Dalam menghadapi tantangan global kaum muda harus muncul dengan jati dirinya sebagai kaum muda yang berwatak. Menghadapi perkembangan perlu ada gereget program yang dimunculkan oleh dirinya sendiri. Dalam keadaan dunia yang terus bergoncang, kaum muda meningkatkan kecerdasannya sehingga mampu berkompetisi di Internasional, yaitu meningkatkan keempat kecerdasan Intelektual, EMosioanl, Spiritual dan Financial.

Pemuda hebat bukan pemuda yang mengandalkan kehebatan orang tuanya dengan kata-kata "Jangan macam-macam dengan gue, bapak gue pejabat, bentar lagi elu elu dan elu semuanya akan lihat gue jadi kaya dan punya posisi bagus." Bukan seperti itu, tapi pemuda yang hebat dan berjiwa besar adalah pemuda yang berkata, "inilah diri" atau menjadi diriku dengan segala kekurangan."

Sebagai generasi muda yang ingin berpartisipasi aktif dalam memajukan bangsa, saya berusaha merubah bangsa ini mulai dari hal yang terkecil yaitu diri untuk menjadi lebih baik menjadi pemuda hebat yang memiliki jati diri. Aktif mengikuti kegiatan kegiatan sosial dan kepemudaan untuk memajukan bangsa ini. Saya akan terus BERGERAK melakukan yang terbaik untuk bangsa ini tidak hanya sekedar kata-kata, ACTION, BERGEREAK atau TERGANTIKAN!!!

No comments:

Post a Comment